Friends / Wanderlust

Main Air di Umbul Ponggok, Klaten

Agenda utama saya dan teman-teman hari Sabtu tanggal 3 November yang lalu adalah menghadiri pernikahan seorang teman di Sukoharjo. Berhubung pulang dari acara tersebut masih siang,  kami memutuskan untuk nggak langsung kembali ke Yogyakarta tapi mampir dulu ke Umbul Ponggok di Klaten. Sempat galau sih antara jadi ke Umbul Ponggok atau nggak, karena ada salah satu teman bilang kalau Umbul Ponggok nggak bagus. Dulu saja dia sering mencuci karpet di sana😀 Namun akhirnya, kami jadi juga mampir ke sini.

Saya tahu mengenai Umbul Ponggok, dari teman yang sering latihan free diving di sana. Kata dia, airnya jernih dan banyak ikannya. Jadi kalau berenang di sana anggap saja sedang snorkeling tapi di air tawar. Umbul dalam bahasa Jawa berarti mata air, sedangkan Ponggok adalah nama desa dimana kolam mata air itu berada. Rute menuju Umbul Ponggok cukup gampang. Kalau dari arah Yogyakarta, ikuti Jalan Raya Yogya-Solo sampai di Kota Klaten ikuti terus jalannya sampai ketemu GOR Klaten lalu belok kiri.

Umbul Ponggok siang itu nggak terlalu ramai. Entah karena memang sudah siang atau cuaca yang saat itu mendung. Tiket masuknya Rp. 6.000 per orang. Kesan pertama begitu melihat kolam yang cukup luas itu adalah, “Wah airnya bening, ikan-ikannya bisa keliatan banget gitu.”

Berhubung saat itu saya sedang datang bulan, saya malas untuk nyebur ke kolamnya. Teman-teman saya yang perempuan, Sari, Nia dan Echa juga nggak pada nyebur. Hanya Arief (suaminya Nia), Pakbi (suaminya Echa) dan Edo (anaknya Arief dan Nia) yang main air di kolam.

Fasilitas di Umbul Ponggok selain kolam-kolamnya ada juga beberapa warung kecil yang menjual makanan ringan dan kamar mandi. Selain kolam sumber mata air yang berukuran besar, ada juga kolam kecil dengan air hanya tinggi sekitar 50 cm dan dasarnya dilapisi keramik dan kolam renang yang tidak terisi air. Pada saat saya mencelupkan kaki di kolam sumber mata air, airnya dingin. Lain kali kalau saya ke Umbul Ponggok lagi, saya akan membawa seperangkat alat snorkeling saya agar dapat mencicipi sensasi snorkeling di air tawar😀

5 thoughts on “Main Air di Umbul Ponggok, Klaten

Leave a Reply

