Eat / Friends / Ties The Knot / Wanderlust

Resepsi pernikahan ala UFO di Sukoharjo

Pekan lalu saya menghadiri pernikahan seorang teman di Sukoharjo. Saya dan beberapa teman berangkat dari Yogyakarta. Sebelumnya sih saya sudah diinformasikan bahwa model resepsinya adalah model “piring terbang”. Nah lho model apaan lagi tuh, pikir saya saat itu.

Ternyata nih, model resepsi piring terbang itu punya nama resmi yaitu USDEK. USDEK merupakan singkatan dari unjukan, sop, daharan, es krim dan kundur. Pada pesta pernikahan yang sering saya datangi, biasanya tamu begitu datang, salaman dengan mempelai pengantin dan masing-masing orang tua mempelai, makan sistem prasmanan, foto-foto kemudian pulang. Untuk model USDEK ini, tamu yang datang dari awal harus mengikuti seluruh prosesi termasuk mendengarkan sambutan berbahasa Jawa halus dari beberapa orang yang dituakan kemudian ada semacam proses panggih dimana pengantin laki-laki datang menemui pengantin wanita baru deh tamu-tamu disuguhi makanan dan minuman. Jadi kita sebagai tamu, hanya duduk manis saja di kursi, nanti akan ada orang yang mengantarkan makanan dan minuman untuk kita.

Duduk manis nunggu dianterin makanan😀

Resepsi pernikahan ala UFO ini masih lazim diselenggarakan di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tapi menurut teman saya yang seorang wedding organizer di Yogya, kalau sudah di kota sistem USDEK akan lebih simpel dan pergerakannya cepat karena terbentur waktu penyewaan gedung yang biasanya hanya 2-3 jam. Beda halnya jika sistem USDEK diselenggarakan di rumah, bisa lebih santai.

Sesuai urutannya, yang pertama kali disuguhi dalam resepsi model USDEK ini adalah unjukan alias minuman (ditambah snack). Minuman yang disajikan berupa segelas teh manis hangat, kue bolu, kacang mede dan semar mendem. Suasana Sukoharjo siang itu yang sangat menyengat, membuat saya lebih memilih menenggak air mineral bekal yang saya bawa dari Yogya daripada menyeruput teh manis hangat yang disediakan.

Unjukan = segelas teh manis hangat+snack

Sambil menikmati hidangan, para tamu dihibur dengan sajian campur sari. Terdapat beberapa penyanyi wanita dan seorang laki-laki sebagai bagian dari pentas campur sari tersebut. Lagu-lagu yang dibawakan berbahasa Jawa yang saya nggak ngerti😀

Akhirnya saking nggak tahan panasnya duduk di bawah tenda, saya dan Sari melipir pindah duduk di teras sebuah rumah yang terletak di sebelah rumah mempelai wanita. Sekitar jarak satu jam dari pemberian unjukan, datanglah sepiring sop ayam sebagai menu piring terbang kedua.

Sop berisi ayam, wortel, jamur dan kacang kapri

Sambil menunggu sajian berikutnya, kami memutuskan untuk foto-foto sekaligus pamitan. Menurut teman saya Sari, katanya sih sebenarnya nggak boleh tuh, di tengah-tengah acara tamu menyerobot minta foto terus pamit pulang. Tapi ya berhubung yang menikah adalah teman baik, mudah-mudahan dimaklumi😀

Selamat menempuh hidup baru Nanung & Elok🙂

Setelah kembali dari foto-foto, datanglah menu piring terbang berikutnya yaitu daharan alias makanan utama berupa nasi dan lauk-pauknya sekaligus es krim. Berhubung sistemnya makanan tersebut diantar, jadi kita sebagai tamu nggak bisa milih mau makannya dengan menu yang mana, porsi nasi seberapa banyak, pokoknya pasrah dengan apa yang disajikan😀

Daharan a.k.a makanan utama & es krim

Selesai makan, kami pun kundur alias pulang. Ternyata nih, pas sedang jalan menuju mobil, ada seorang ibu yang membagikan bingkisan untuk tamu yang hendak pulang. Wah, kayak abis pulang dari acara ulang tahun anak kecil hehehe…

Mendapat bingkisan “Mas Bambang”

Pas di mobil, begitu saya buka isi bingkisannya adalah semacam kue bolu.

Kue bolu Mas Bambang

Seru juga menghadiri pesta pernikahan yang lain daripada yang lain. Semoga tradisi seperti ini nggak hilang dilindas moderenitas. Walaupun kalau di kota-kota besar seperti Jakarta atau Bandung kayaknya nggak ada model resepsi pernikahan USDEK seperti ini, paling nggak di daerah asalnya masih tetap terjaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s