Family / Wanderlust

Gong Segara Homestay, Kuta, Bali

Ada ratusan penginapan di sekitaran Kuta, Bali dari yang kelas losmen hingga bintang lima. Namun, sampai beberapa hari menjelang keberangkatan ke Bali, tetap saja saya bingung akan menginap dimana saat kami berada di sekitaran Kuta.

Sempat browsing di internet dan mendapatkan beberapa nama penginapan di sekitaran Kuta dan Legian. Tapi sampai hari H, belum ada satu pun penginapan yang saya booking. Kamis sore setiba dari Amed, kami sempat menyusuri sekitaran Legian untuk mencari penginapan. Tapi melihat suasananya yang sangat hiruk pikuk disertai suara musik keras dari beberapa bar, kami memutuskan hengkang dari area tersebut. Area Jalan Poppies tidak masuk wilayah pencarian kami, karena khawatir tempatnya tidak nyaman. Tahu sendiri kan wilayah Poppies itu langganannya bule-bule menginap di sana. Sudah terbayang suasananya yang jauh dari ketenangan. Belum lagi pasti saya dan adik saya yang berjilbab akan menjadi pandangan aneh di sana.

Ada satu penginapan bernama Gong Segara Homestay. Penginapan ini masuk ke daftar nama penginapan yang saya incar. Saya sempat beberapa kali melongok website-nya. Karena putus asa mencari penginapan di Legian, setelah sebelumnya menghubungi penginapan tersebut untuk memastikan ketersediaan kamar, kami pun memutuskan menginap di Gong Segara Homestay.

Penginapan ini berada di Jalan Wana Segara Kuta Banjar Segara Merta, tidak jauh dari Pantai Segara. Tidak sampai sepuluh menit ke Bandara Ngurah Rai. Lokasinya berada di sebuah gang kecil (hanya cukup untuk 1 mobil), tapi tidak jauh dari jalan raya, sehingga suasananya tenang, tidak terdengar hingar bingar keramaian. Di sekitarnya banyak pertokoan, restoran, kafe dan money changer. Jika berjalan ke arah Jalan Kediri, makin banyak kita jumpai tempat makan yang menurut saya aman untuk muslim. Diantaranya Cafe Seafood Muslim, Ayam Tulang Lunak Malioboro, warung khas Jawa Timur dan sate ayam/ kambing Madura.

Penampilan penginapan ini moderen, minimalis, bersih dan rapi. Konsep penginapan yang nampak baru ini bed & breakfast, sehingga tidak ada fasilitas kolam renang maupun kafe/ bar. Saya memesan kamar twin bed di lantai bawah, karena kaki rasanya sudah cukup pegal naik turun tangga pada saat di Eka Purnama Cottages di Amed.  Area kamar yang saya pesan cukup besar. Di bagian belakang terdapat dapur, wastafel cuci piring dan kamar mandi. Mirip kamar kos. Fasilitas yang disediakan di kamar antara lain pendingin udara, televisi, DVD player, termos listrik untuk memanaskan air, sabun mandi dan handuk.

Harga yang ditawarkan untuk kamar standar (1-2 orang) di normal season adalah Rp. 215.000,-/ malam (harga di website), Rp. 225.000,-/ malam (harga yang saya dapat ketika memesan melalui telepon) dan Rp. 240.000 (harga yang anda dapat jika memesan melalui fasilitas seperti www.booking.com atau Agoda). Kamar standar di periode high season (1-31 Agustus, libur lebaran, 22 Desember sampai 5 Januari) akan dikenakan biaya sebesar Rp.315.000,- (harga di website). Selain itu juga tersedia family room (1-3 orang + fasilitas air panas) dengan harga RP. 345.000-/ malam di normal season dan Rp. 445.000,-/ malam pada high season.

Ada tiga pilihan menu sarapan di sini. Fasilitas sarapan sudah termasuk harga penginapan. Kita bisa memilih pancake, omelet telur+sosis atau nasi goreng. Saya memilih pancake sedangkan adik saya memilih omelet+sosis. Dari tampilannya saja pancake di sini sangat menggoda dengan lumuran saus coklat di atasnya. Ternyata rasanya pun enak banget. Sampai-sampai di hari kedua saya kembali memesan pancake tersebut.

Omelet telur+sosis

Pancake

Secara keseluruhan, saya puas menginap di Gong Segara Homestay. Bahkan saudara yang tinggal di Bali, yang mendatangi kami di penginapan memberikan komentar yang positif. Ibu pengurus dan mbak pemilik penginapan sangat baik dan ramah. Bahkan di hari kepulangan kami, mereka menawarkan untuk mengantar ke bandara. Tetapi akhirnya tidak jadi, karena ternyata supir yang akan mengantar sakit. Akhirnya kami ke bandara menggunakan taksi.

Note : Saya lupa untuk mengambil foto penginapan dan kondisi di dalam kamarnya. Foto-foto di sini saya ambil dari website-nya, kecuali foto makanan yang saya ambil sendiri.