Book / Friends

I love book fair

Siang kemarin, sahabat saya Vinna, mengirim pesan melalui Whatsapp.

V : Siap-siap dan catat tanggalnya…17-25 Nov 2012 mau ada Indonesia Book Fair😀 Gue udah kelewatan Pesta Buku 2012, semoga gak kelewatan yang IBF ini

C : Siyyyaaaaappp…

V : Udah lama gak borong buku😛 Lo gak lagi trip kan tanggal segitu?

C : Kagak. Gue kan lagi insyaf hahahaha…Palingan ada rencana mau ke Bali tanggal 3-6 Oktober.

V : Sip kalo gitu. Kita borongan buku berarti.

Vinna ini salah satu partner in crime saya kalau soal pameran buku. Kalau sudah di pameran buku, kami lupa deh dengan waktu😀 Saya dan Vinna pernah lho dari pagi datang ke JCC, lokasi tempat pameran berlangsung kemudian baru keluar JCC lepas Maghrib dengan tentengan buku-buku yang beratnya Masya Allah😉

Sepanjang yang saya tahu, pameran buku terbesar di Indonesia itu ada Pesta Buku Jakarta, Indonesia Book Fair, Islamic Book Fair dan Kompas Gramedia Fair. Tapi nggak tahu juga sih kalau ada yang lain.

Berburu buku di book fair itu seru. Jika kita jeli, kita bisa dapat buku-buku bagus dengan harga miring di booth-booth tertentu. Saya pernah mendapatkan Lumbini-nya Pak Kris Budiman dengan harga 5000 rupiah saja. Pernah juga di booth-nya Mizan, ada obral buku 10.000an. Saking kalapnya, akhirnya 10 buku berhasil saya bawa pulang. Lumayan kan, keluar uang 100.000 rupiah bisa dapat 10 buku.

Saat ini saya sedang mengincar full set-nya Lima Sekawan dan Trio Detektif versi cover lama. Memang sih Gramedia sudah cetak ulang Lima Sekawan dengan cover baru. Tapi saya nggak suka cover barunya ini. Saya lebih suka yang versi cover lama. Nggak masalah walaupun itu buku bekas dan warna kertasnya sudah kekuningan. Justru lebih terasa kesan klasiknya.

Dulu saya punya beberapa buku Lima Sekawan dan Trio Detektif, tapi karena keseringan pindah-pindah domisili, sekarang buku-buku itu entah berada di mana.

Saya sempat browsing mencari orang yang menjual koleksi Lima Sekawan dan Trio Detektif ini. Ada sih beberapa yang menjual online.  Tapi saat kemarin Vinna bilang mau ada IBF 2012, saya pikir nggak ada salahnya hunting dulu di pameran, kalau nggak ada, baru deh saya beli online atau mblusukan di lokasi penjualan buku bekas yang ada di Kwitang, Senen, Plaza Semanggi dan Thamrin City. Khusus di Plaza Semanggi dan Thamrin City, saya baru tahu kalo di dua mall ini ada yang menjual buku bekas.

Lima Sekawan versi cover lama

(gambar diambil dari sini)

Lima Sekawan versi cover baru

(gambar diambil dari sini)

6 thoughts on “I love book fair

  1. gua baru pertama kali lhoo ke book fair di bulan Juni lalu kalo ngga salah inget, ahahaha.. and emang asyiiikk boo! rasanya senang aja mendapatkan buku2 bagus dengan harga miring yang pastinya sukses bikin senyum terpampang lebaaarr di wajah, ahahahahaha :))

    • Juni tuh kalo gak salah Jakarta Book Fair/ Pesta Buku Jakarta…Kalo udah niat ke book fair harus menyiapkan bugdet khusus karena pasti bakal kalap🙂

  2. mbak, book fair di JCC itu bukan yah? emang jual lima sekawan juga? bukannya cuma buku2 islami ya?

    maap saya belum tahu soalnya.. makasi🙂

    • Setau saya IBF yg November nanti di JCC itu Indonesia Book Fair bukan Islamic Book Fair…CMIIW
      So, harusnya sih ada booth yang jual Lima Sekawan, baik yang baru maupu bekas

Leave a Reply

